Monday, October 29, 2012

Qabil, Iblis dan Syahwat


Allah SWT memerintahkan pada dua anak Adam Habil dan Qabil untuk berqurban. Lalu keduanya menyediakan persembahan. Habil yang bekerja sebagai peternak memilih seekor kambing yang gemuk dan sehat untuk diqurbankan yang dianjurkan oleh Allah SWT. Saudaranya Qabil yang bekerja sebagai petani ladang,  menyediakan sayur untuk benda persembahan. 

Qurban yang dipersembahkan oleh Habil diterima oleh Allah SWT, sebab Habil sangat tulus melakukannya, semata-mata karena perintah Allah. Ia diridhai oleh Allah SWT dan bapaknya Adam. Sebaliknya qurban Qabil  ditolak oleh Allah SWT karena Qabil tidak mampu mengikhlaskan niatnya. Dia marah pada Allah dan bapaknya Adam, sebab Adam tidak membolehkan dia kawin dengan Iqlima.

Sebagaimana kita tahu, Isteri Nabi Adam, Siti Hawa  sekali melahirkan  kembar dua, satu lekai-laki satu perempuan. Qabil kembar dengan Iqlima,  Habil kembar dengan Labuda. Menurut  syariat pada waktu itu, Qabil harus kawin dengan Labuda, dan Habil harus kawin dengan Iklima (silang). Qabil menolak kawin dengan Labuda, sebab dinilai kurang cantik, dia jatuh hati sama Iqlima adik sekandungnya yang sangat jelita.
Qurban  Qabil  adalah qurban yang sangat buruk, tidak menjadi ibadah karena bukan karena Allah SWT. Sebelum berqurban dia sudah tidak punya niat baik, maka dipilihlah hasil sayuran yang kurang bermutu untuk qurbannya. Jika kita analogikan dengan zaman sekarang, banyak juga orang berqurban seperti Qabil, tidak ikhlas Lillahi Ta’ala.

Sebagian orang berqurban  pada Hari Raya Idul Adha dengan motif-motif tertentu. Misalnya karena yang bersangkutan mau mencalonkan diri  menjadi pejabat dalam Pilkada. Tiap kecamatan dan kampung  diberikan  lembu untuk  qurban.  Sangat banyak jumlahnya, tetapi bila yang bersangkutan tidak menang, jangan harapkan ada lembu qurban  dari yang bersangkutan di tahun berikutnya. 

Orang-orang yang berqurban ala Qabil,  tidak diterima oleh Allah, sebab tujuannya bukan  karena Allah,  uang yang digunakan untuk membeli  binatang qurban mungkin dari yang tidak halal, misalnya dari bunga simpanan (ribawi). Memang bukan ridha Allah yang dicari, tetapi untuk mengambil hati manusia agar memilihnya. 

QABIL putra Adam adalah manusia pertama yang memperturutkan hawa nafsu angkara murka. Ia  terjangkit penyakit dengki yang mendalam kepada sudaranya Habil. Iblis laknatullah turut menggoda Qabil unuk membunuh saudaranya Habil yang berhati lembut.  Dalam keadaan sangat tenang, hati yang lembut Habil berkata kepada saudaranya. “Sungguh kalau engkau menggerakkan tanganmu  kepadaku  untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam”.

Rupanya. Qabil tetap menjalankan pekerjaan buruk karena digoda  iblis dan setan. Ia tetap membunuh saudaranya Habil. Setelah pembunuhan itu, Qabil tidak bisa menghilngkan mayat saudaranya. Dia membawa mayat itu atas pundaknya. Ia takut dilihat ayahnya atau saudara-saudaranya yang lain. Ketika  Qabil penuh kebingungan, Allah mengirim dua burung gagak. Dua makhluk itu saling membunuh, lalu yang satu mati.

Selanjutnya burung gagak itu menggalli tanah dan menguburkan yang mati dalam bumi. Lalu Qabil menyontohi burung gagak itu. Ia juga menggali tanah dan menguburkan mayat Habil. Penyesalan datang, tetapi apa gunanya?. “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lau aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini. Karena itu jadilah dia  seorang  di antara orang-orang yang menyesal”.(QS. Almaidah:31).

Qabil adalah manusia pertama yang membunuh manusia,  dia mati sebagai orang zalim. Hari akhirat nanti dia akan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Setelah Qabil ada saja anak manusia yang zalim (suka membunuh) mengikuti tabiatnya yang jahat. Gara-gara nafsu syhawat, digoda setan laknat, manusia lupa kepada  azab yang sangat dahsyat di hari akhirat. Wallahu a’lamu bish-shawab.Ameer Hamzah

Baca Juga yang di bawah ini:

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 coment:

Post a Comment

Saran Masukan silahkan Anda kirim. Redaksi amat senang menerimanya.

POPULAR POSTS

VISITORE

VIDEO

 

Gema Baiturrahman Online Copyright © 2014 Alamat:Komplek Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. contak. Telp:+62852 8244 0074 - Email: gema_btr@yahoo.co.id